web browser


       Web BROwSer



               Untuk menuju internet kita memerlukan sebuah web browser, yaitu sebuah aplikasi untuk bisa surfing ria di internet. nah pada kesempataan kali ini kita akan membahas beberapa dari web browser yang tingkatnya paling atas di survei dari wikipedia.


       Berdasarkan perhitungan dari wikipedia, wikipedia menyatakan bahwa website  http://wikipedia.org dikunjungi oleh web browser apa yang paling sering mengunjungi. berdasarkan wikipedia urutan teratas yang mengunjunginya adalah :



      Google Chrome

        Google Chrome adalah web browser freeware dikembangkan oleh Google yang menggunakan layout engine WebKit. Ini pertama kali dirilis sebagai versi beta untuk Microsoft Windows pada tanggal 2 September 2008, dan rilis stabil publik pada tanggal 11 Desember 2008. Pada Mei 2012, Google Chrome memiliki pangsa sekitar 33% di seluruh dunia penggunaan web browser, sehingga web browser yang paling banyak digunakan, menurut StatCounter. Pada September 2008, Google  merilis  sebagian  besar  source  code  Chrome 
sebagai proyek sumber terbuka yang disebut chromium.



        IE (Internet Exploler)

               Windows Internet Explorer (sebelumnya Microsoft Internet Explorer, biasa disingkat IE atau MSIE) adalah serangkaian web browser grafis yang dikembangkan oleh Microsoft dan dimasukkan sebagai bagian dari garis Microsoft Windows sistem operasi, mulai tahun 1995. Ini pertama kali dirilis sebagai bagian dari paket pengaya Plus! untuk Windows 95 tahun itu. Versi yang tersedia sebagai download gratis, atau dalam paket layanan, dan termasuk dalam rilis    layanan OEM Windows 95 dan versi Windows.



        Mozilla Firefox

           Mozilla Firefox adalah open source browser web gratis yang dikembangkan untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux dikoordinasi oleh Mozilla Corporation dan Mozilla Foundation. Firefox menggunakan Gecko layout engine untuk membuat halaman web, yang menerapkan standar web saat ini dan pengantisipiasiannya. Pada Mei 2012, Firefox memiliki sekitar 25% pangsa penggunaan seluruh dunia web browser, sehingga browser web ketiga yang paling banyak digunakan adalah mozilla firefox. browser ini telah berhasil populer khususnya di Indonesia, Jerman dan Polandia, masing-masing 67%, 50% dan 44% berbagi pasar.



     Safari

          Safari adalah browser web yang dikembangkan oleh Apple Inc dan diserta kan dengan Mac OS X dan sistem operasi IOS. Pertama dirilis sebagai beta publik pada tanggal 7 Januari 2003 pada perusahaan sistem operasi Mac OS X, menjadi browser default Apple awal dengan Mac OS X v10.3 "Panther". Safari adalah browser asli juga untuk IOS. Sebuah versi dari Safari untuk sistem operasi Microsoft Windows, pertama kali dirilis pada tanggal 11 Juni 2007, mendukung Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7. Menurut Net Applications, Safari menyumbang 62,17 persen dari lalu lintas web browsing mobile dan 5,43 persen lalu lintas desktop pada Oktober 2011, memberikan pangsa pasar gabungan dari 8,72 persen.


     


     Opera



           Opera adalah browser web dan paket internet yang dikembangkan oleh Opera Software dengan lebih dari 270 juta pengguna di seluruh dunia . Browser ini menangani hal hal umum yang berhubungan dengan internet tugas-tugas seperti menampilkan situs web, mengirim dan menerima e-mail, mengelola kontak, chatting di IRC , men-download file melalui BitTorrent (fitur ini akan dihapus pada versi 12), dan membaca web feed. Opera ditawarkan gratis untuk komputer pribadi dan ponsel. Opera adalah browser desktop yang paling populer di beberapa negara, seperti Ukraina. Opera Mini adalah web browser mobile yang sangat populer. Pada Mei 2011 opera mini telah dipilih sebagai default  dari web browser yang terintegrasi di handset mobile dari beberapa produsen handphone dan smartphone. 


       Gambar disamping merupakan gambar asli dari pengamatan wikipedia tentang web browser yang paling sering digunakan untuk mengunjunginya.


    Berdasarkan gambar disamping bisa dilihat berapa banyak orang yang menggunakan web browser untuk mengunjungi website wikipedia tersebut. bisa dilihat bahwa pengunjung dengan menggunakan web browser dari google chrome lah yang terbanyak dan diikuti oleh internet explorer dan mozilla firefox, dan posisi selanjutnya ada safari, opera, android mengikutinya serta lainnya yang tidak disebutkan. 






web browser web browser Reviewed by Mo Ilmi on July 07, 2012 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.