asam nukleat dna rna




ASAM NUKLEAT : polimer yang dibentuk oleh mononukleotida, dengan Fungsi menyimpan, mereplikasi dan mentranskripsi informasi genetika.
NUKLEOSIDA Merupakan senyawa N-glikosida dari basa purin dan pirimidin yang dihubungkan oleh ikatan glikosida antara atom karbon-1 dari pentosa dengan atom nitrogen 1(N–1) dari pirimidin atau nitrogen 9 (N -9) dari purin.
DNA merupakan struktur yang dibangun oleh KH pentosa (deoksiribosa), fosfat dan suatu basa dalam bentuk polimer dan berkombinasi membentuk helix ganda. Blok pembangun DNA adalah “5-carbon sugar deoxyribose” yang saling dihubungkan oleh ikatan fosfodiester sehingga terbentuk dua untai ganda dengan tulang punggungnya dibentuk dari ikatan KH-fosfat pada bagian luar helix.
RNA seperti pada DNA molekul RNA dibentuk oleh nukleotida yang saling dihubungkan menjadi satu rantai KH pada DNA deoksiribosa. Sedangkan RNA KH-nya adalah ribosa. Basa timin diganti oleh urasil pada RNA.

STRUKTUR RNA :
  • mRNA (messenger-RNA) yg melakukan tranfer informasi mengenai deretan asam amino pada protein yang akan dibangun sesuai dengan urutan kode pada DNA asal.
  • rRNA (ribosomal-RNA) yang membangun ribosom bersama dengan protein.
  • tRNA (transfer-RNA) yang mentransfer asam amino ke ribosom untuk sintesis protein.


asam nukleat dna rna asam nukleat dna rna Reviewed by Mo Ilmi on December 17, 2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.