PENGARUH DOSIS HORMON AUKSIN TERHADAP PERTUMBUHAN JATI



Hormon berasal dari bahasa Yunani yaitu hormaein yang mempunyai arti : merangsang, membangkitkan atau mendorong timbulnya suatu aktifitas biokimia yang dapat mempengaruhi pertumbuhan atau proses fisiologi pada tanaman. Hormon pada tanaman dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu auksin, giberelin, sitokinin, etilen, asam absisat, dan brassinolide.
Auksin adalah zat yang berfungsi sebagai pengatur pembesaran sel dan memicu pemanjangan sel di daerah belakang meristem ujung, merangsang sintesis DNA kromoson, serta pertumbuhan aksis longitudinal tanaman. Hormon pertumbuhan ini terdapat pada semua jenis tanaman yang terletak pada ujung batang dan ujung akar.
Variabel yang akan diamati dalam penelitian “PENGARUH DOSIS HORMON AUKSIN TERHADAP PERTUMBUHAN JATI” yaitu beberapa dosis hormon auksin yang dapat diberikan pada beberapa perlakuan pengamatan pertumbuhan jati, pemberian dosis hormon auksin dalam jumlah tertentu tentunya akan membawa pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman jati khusunya pertumbukan akar dan batang tanaman jati.
Hormon ini sering digunakan untuk merangsang pertumbuhan akar maupun pertumbuhan batang, mempercepat perkecambahan, mempercepat pemasakan buah. Auksin dosis tinggi dapat merangsang produksi etilen. Kelebihan etilen malah dapat menghalangi pertumbuhan, menyebabkan gugur daun ( daun amputasi ), dan bahkan membunuh tanaman. cara kerja hormon auksin yaitu menginisiasi pemanjangan sel dan juga mengacu protein tertentu yang ada pada membran plasma sel tumbuhan untuk memompa ion H+ ke dinding sel. Ion H+ tersebut mengaktifkan enzim tertentu sehingga memutuskan beberapa ikatan silang hidrogen rantai molekul selulosa penyusun dinding sel, yang mengakibatkan sel tumbuhan memanjang akibat air yang masuk secara osmosis.


TUGAS ANALISIS PERTUMBUHAN TANAMAN

PENGARUH DOSIS HORMON AUKSIN TERHADAP
PERTUMBUHAN JATI


JURUSAN KEHUTANAN
FAKULTAS PERTANIAN PETERNAKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
2013
PENGARUH DOSIS HORMON AUKSIN TERHADAP PERTUMBUHAN JATI PENGARUH DOSIS HORMON AUKSIN TERHADAP  PERTUMBUHAN JATI Reviewed by Mo Ilmi on December 17, 2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.